Oke di artikel kali ini kita akan membahas cara untuk Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog, sehingga blog kita jadi 'disayang' oleh Google. ^_^.
Duh.. penting banget ya bisa disayang Google? Jelas penting. Disayang dalam artian blog kita mendapat perhatian lebih dari si robot Google yang bertugas merayapi dan mengindex setiap halaman blog kita. Yang mana pada risikonya bisa mendongkrak posisi kita di halaman pencarian dan berpotensi menjaring dan mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Bagaimana caranya? Jelas yang harus kita lakukan ialah berusaha menciptakan blog kita mempunyai kualitas dan trafik yang bagus.
Ini tentu akrab kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni suatu rangkaian upaya untuk mengoptimalkan blog kita untuk supaya bisa lebih diperhatikan oleh mesin pencari. Lebih lengkapnya pengertian ihwal SEO bisa teman baca di sini. Dan di artikel ini pun saya tidak akan menjelaskan panjang lebar ihwal hal itu, melainkan apa yang ingin coba saya sampaikan ialah prinsip-prinsip dasar semoga blog kita disayang Google.
Hal ini telah saya pelajari dari Pak Yodhia Antariksa, empunya blog strategimanajemen.net. Sebuah blog legendaris yang sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan sempat dinobatkan sebagai blog bisnis nomor 1 se Indonesia. Kontennya begitu sarat akan pelajaran berharga, sehingga tidak heran setiap artikel yang diposting selalu mendapat serbuan komentar dan share bejibun dari para pengunjung.
Kaprikornus rasanya tidak berlebihan jikalau saya menjadikan apa yang telah diterapkan pak Yodhia di blognya sebagai dasar / kiblat untuk menciptakan blog kita supaya mempunyai trafik yang cantik dan tentunya disayang oleh mesin pencari, khususnya Google.
Oke, apa saja yang harus teman terapkan pada blog teman semoga blognya lebih berkualitas dan disayang oleh Google. Berikut uraiannya.:
1. Template yang higienis dengan latar warna putih
Coba teman cek dan lihat tampilan halaman awal Google dan juga halaman pencarian (SERP). Kita bisa lihat tampilannya begitu higienis / full of white background. Tidak ada warna-warni penghias di sekeliling halamannya. Nah, menyerupai itu pula lah yang diinginkan Google terhadap blog kita. Buatlah tampilan blog kita sederhana dan elegan jikalau dilihat, make it simple. Selain membuatnya menjadi higienis dan menjadikan visitor lebih fokus ke konten, juga akan meningkatkan kecepatan loading dari blog tersebut. Sehingga pengunjung akan lebih nyaman mengunjungi blog kita.Baca : Cara Gampang Mengganti Template Blog Blogger
Kaprikornus pilihlah template blog yang higienis dan sederhana dengan latar putih. Sekalipun harus ada warna pendukung variasi tampilan, pilihlah yang hanya memuat satu warna. Misal warna biru, hanya pada cuilan sajian bar. Silahkan coba teman cek blog strategimanajemen.net, templatenya begitu higienis dan lezat dipandang. Atau tak usah jauh-jauh lah, lihat saja blog ini.. hihi ^_^
2. Artikel panjang dan detail lebih disukai Google
Dulu banyak orang beranggapan bahwa dengan artikel panjang, akan menciptakan pengunjung blog menjadi bosan dan lebih cepat meninggalkan sebuah halaman website. Namun di periode informasi menyerupai kini ini, justru semua menyerupai berbalik. Sekarang orang-orang lebih suka membaca artikel yang panjang dan detail untuk mendapat informasi yang mereka butuhkan. Mereka rela berlama-lama membaca artikel yang disajikan. Dengan semakin berkembangnya algoritma Google kini artikel panjang dengan minimal 2000 kata akan lebih diprioritaskan dan berpeluang besar menempati halaman pertama SERP. Google menyukai artikel berkualitas, yakni yang panjang dan mendetail.Selain jumlah kata yang panjang minimal 2000 kata, juga akan lebih ciamik jikalau ditambahkan dengan satu gambar dan satu video pendukung untuk memperkuat kesan detail. Sehingga dengan begitu pasti artikel yang diterbitkan sanggup dengan gampang bersaing di halaman perncarian Google.
3. Konten yang Extremely Usefull
Ada istilah yang hingga kini masih berlaku "Content is the king", dan itu memang benar adanya. Dalam dunia blogging, konten ialah hal yang harusnya jadi perhatian utama. Banyak blogger pemula (termasuk saya) yang pada awal-awal ngeblog selalu salah fokus. Yakni lebih mementingkan tampilan blog ketimbang kontennya. Ingin sekali mempunyai blog yang mentereng dengan hiasan warna warni, sehingga waktu habis cuma untuk sekadar milih-milih template yang cocok dan mengeditnya hingga berjam-jam. Hal yang paling penting yaitu menciptakan konten malah dilupakan. Ketahuilah pada risikonya sebuah blog akan disebut bagus, tidak lebih sebab kontennya yang bermanfaat, bukan tampilannya yang glamor dan penuh kerlap-kerlip.Dengan menyajikan konten yang bermanfaat tentunya akan mengakibatkan kesan khusus di pembaca, yang menciptakan mereka dengan rela hati kembali dan kembali lagi mengunjungi blog kita nantinya.
4. Jadwal posting yang teratur
Sebuah blog dikatakan cantik atau tidak pada risikonya hanya akan mengacu pada konten yang disajikan. Selain kontennya harus bagus, juga harus didukung oleh frekuensi update blog yang teratur. Artinya kita menciptakan jadwal untuk kita mempublikasikan sebuah postingan artikel. Tentunya ini diubahsuaikan dengan kondisi yang kita punya. Misal kita memutuskan jadwal update blog sebulan 4 kali, itu artinya dalam satu ahad kita harus terbitkan minimal 1 artikel. Atau jikalau ingin lebih banyak bisa seminggu 2 kali atau bahkan mungkin setiap hari jikalau mampu.Seperti yang dilakukan oleh pak Yodhia di blognya, ia menerapkan jadwal posting 2 kali seminggu, disebutkan lenkap hari dan waktunya, yaitu tiap hari Senin dan Kamis pagi. Dan hal itu disampaikan di sidebar blognya.
Dengan cara menyerupai itu, pak Yodhia mendapat beberapa keuntungan. Pengunjung menjadi aware dan tahu jadwal update blognya sehingga besar kemungkinan akan kembali lagi pada hari dan jadwal posting yang sudah ditentukan, didukung dengan artikel yang bermanfaat pastinya. Selain itu, dengan menuliskan jadwal update blog di sidebar juga bisa dijadikan motivasi untuk kita sebagai admin blog untuk konsisten dan menepati komitmen untuk menerbitkan artikel pada hari dan jam yang telah dijadwalkan. Akan aib rasanya jikalau tidak ada posting gres padahal sudah ditulis jadwalnya.
5. Form Langganan Email untuk menjaring Subscribe pengunjung
Disebut juga dengan istilah Opt in Form, yakni sebuah form isian nama dan email yang biasanya akan muncul dengan sebelumnya diselingi penawaran produk gratis, menyerupai ebook. Untuk selanjutnya, ini disebut list building / membangun list email pengunjung. Ini ialah cara elegan untuk mendapat database pengunjung. Prinsipnya win-win solution, pengunjung mendapat produk gratis yang ditawarkan dan si empunya blog mendapat list pengunjung. Ini juga taktik yang diterapkan oleh pak Yodhia dalam membangun trafik di blognya. Hampir setengah dari jumlah trafik blog yang diterimanya bersumber dari list email yang dipunyanya.Oh iya, baru-baru ini juga Pak Yodhia Antariksa membuka aktivitas Kursus Online bernama Edubisnis.net yang menyediakan layanan kursus online terbaik dan terlengkap di Indonesia dalam bidang administrasi bisnis dan internet marketing. Informasi lebih lanjut, silakan klik DI SINI.ya ^_^ Salam